Header Ads

MarketGlory : Cara Menghitung Biaya dan Untung Rugi Perusahaan

Pada kesempatan kali ini, penulis akan menjelaskan cara menentukan untung rugi perusahaan. Dalam hal ini, target produksi sangat berhubungan. Dengan kita mengetahui target produksi, maka kia akan dapat memperhitungkan modal dan keuntungann perusahaan yang kita bangun dan perusahaan akan dapat terus berjalan. Menentukan target merupakan dasar dan wajib diketahui, tetapi masih sangat sedikit blog yang membahas soal ini, dari sinilah penulis yang newbie ini akan mencoba memaparkannya.

1. Menentukan pabrik apa yang ingin di bagun.
Dengan mengetahui pabrik apa yang ingin kita bangun, maka kita akan dapat mengetahui harga raw material (bahan baku), banyaknya bahan baku yang diperlukan, produktivitas yang dibutuhkan, dan bonus teority. 

2. Biaya perusahaan dan harga barang
Jika kita sudah mengetahui jenis pabrik yang ingin dibuat, maka kita sudah bisa menentukan biaya yang dibutuhkan agar perusahaan kita memperoleh penghasilan yang diinginkan. Biaya ini juga dibutuhkan untuk mengupgrade perusahaan agar prooduk yang dihasilkan bisa lebih banyak dan keuntungan pun akan semakin banyak pula.

3. Harga barang yang dihasilkan
Kita juga harus melihat harga barang di pasar agar kita bisa bersaing dengan perusahaan lain.

4 Target produksi
Seperti yang sudah penulis bahas diatas, target produksi haruslah jelas dan harus diperhitungkan dengan rinci agar kita tidak merugi nantinya.

5. Player yang mempunyai produktivitas tinggi
Adanya player yang mempunyai produktivitas yang tinggi sangat berguna dalam membangun dan memproduksi barang yang sudah kita targetkan. Semakin banyak produktivitas player yang bekerja diperusahaan kita, maka produk yang dihasilkan akan semain banyak. Dalam perusahaan, semakin banyak produk yang dihasilkan maka keuntungan semakin besar pula. Tetapi modal juga harus memenuhi.

Sebagai contoh, penulis akan menjelaskan salah satu target dan modal  perusahaan grape di MarketGlory. Untuk menghitung semua bahasan diatas, maka harus mengetahui bahan baku, banyaknya bahan baku yang dibutuhkan, produktivitas dan bonus teority negara. Bonus teority ini akan memberikan tambahan produksi pada setiap perusahaan, bisa dilihat di home tepatnya di bagian ini.




Dapat dilihat diatas, bonus teority untuk grape sebesar 32%. Setelah mengetahui teority, maka kita harus mengetahui produktivitas yang dibutuhkan untuk datanya bisa dilihat di Market>Lokal Market>Lisensi, lalu cari pabrik yang diinginkan. Untuk pabrik grape dapat dilihat dibagian raw material.



Pada menu lisensi diketahui untuk membuat 1kg grape membutuhkan 30 poin produktivitas. #0 poin ini nantinya akan digunakan ke rumus perusahaan. Lalu kita harus mengetahui wage. Besarnya wage dapat dilihat ketika kita akan work. Pada kali ini, Perusahaan grape yang penulis bahas akan di upgrade level III supaya produksi perusahaan akan lebih banyak dan kita bisa menjual barang lebih murah di market.

Berdasarkan data diatas, maka kita dapatkan :
Harga barang di lokal market : 1.98idr
Raw Material : -
Produktivitas yang dibutuhkan : 30 poin produktivitas
Bonus teority : 32%
Wage : 380
Upgrade III : Tambahan produksi 30%
*Data ini penulis dapatkan pada tangga 10 februari 2017

Dengan data tersebut, untuk memperhitungkan untung ruginya kita menggunakan rumus sebagai berikut.
Rumus Produktivitas : produktivitas yang dibutuhkan/8
Untuk perusahaan grape maka didapatkan : 30/8 = 3.75

Rumus Gaji Pekerja : Rumus hasl produktivitas diatas/1000*Wage
Untuk perusahaan grape maka didapatkan : 3.75/1000x380 = 1.43idr

Rumus Tax Gaji : 0.35/0.65xGaji Pekerja
Untuk perusahaan grape maka didapatkan : 0.35/0.65x1.42 = 0.77idr

Dari rumus diatas, kita bisa memperoleh biaya produksi per biji (buc/sqm/dll)
Rumusnya : (produktivitas+Gaji+Tax Gaji)/100%+Upgrade III (30%)+Teority (32%)
=(3.75+1.43+0.77)/162% = 1.35idr

Nah dari rumus-rumus diatas, kita dapatkan biaya untuk menghasilkan 1 produk membutuhkan biaya 1.35idr, dan perusahaan kita sebelumnya telah di upgrade yang memakan biaya sebesar 3.5 euro untuk 1 bulan. Agar dapat lebih banyak menghasilkan produk, maka setidaknya kita membuka 3 workplace. Untuk lebih mudah melihat datanya, bisa dilihat tabel dibawah.


Dengan data tersebut, kita bisa menargetkan barang yang harus diproduksi dalam 1 bulan agar dapat setidaknya mengembalikan modal upgrade III perusahaan. Kita juga dapat memperhitungkan produktivitas yang dibutuhkan agar target produksinya maksimal, tetapi harus diperhitugkan juga biayanya.

Baiklah, sampai disini penulis rasa anda semua sudah bisa memperhitungkan biaya produksi, target dan produktivitas player agar nantinya kita tidak merugi dalam membangun sebuah perusahaan. Jika dirasa masih bingung, bisa kita diskusikan di kolom komentar.

Belum mempunyai akun? daftar disini. Untuk panndan pendaftarannya bisa dulihat disini.

1 comment: